Alasan Mengapa Manusia Mempunyai Dua Mata


Cewek berkacamata kayak ada manis manisnya yah?

Mata adalah anugrah tuhan yang paling indah. Coba kalau mata kita cuma satu? pasti kita akan susah melihat. Alat indra manusia yang paling penting adalah mata.

Ada juga beberapa kelainan pada mata seperti kebutaan, buta warna , mata minus, dan berbagai gangguan pada mata lainnya. Seharusnya kita lebih bisa menjaga & merawat mata kita sendiri supaya tidak terjadinya cacat mata.

Sebelum kita bahas lebih jauh

Kenapa manusia mempunyai dua mata?

Kenapa nggak satu aja sih, atau nggak lima?

Itu adalah pertanyaan yang saya fikirkan dari dulu, kenapa mata manusia nggak lima aja seperti jari tangan?

#ngawur

Pas saya tanya mbah gugel, ternyata alasannya banyak yang menghubungkan mata dengan panca indra lainnya.

Bahkan ada juga jawaban filosofi yang bikin saya tertawa yaitu alasan manusia mempunyai dua telinga dan satu mulut supaya lebih banyak mendengar dan sedikit berbicara. Dan mempunyai dua mata menghadap kedepan supaya manusia lebih fokus menatap masa depan.

Iya sih memang benar. Tapi kan itu jawaban filosofi.

Jawaban Ilmiahnya gimana bro?

Supaya bisa memperkirakan jarak benda yang kita lihat



Inilah alasannya! memperkirakan ya bukan mengukur

"Kenapa bisa begitu?"

Ini dikarenakan jarak benda dari mata kanan dan kiri berbeda. Dua mata ini membentuk semacam sudut dan menghasilkan dua penglihatan yang berbeda.

Informasi inilah yang lalu diolah oleh otak menjadi persepsi jarak.

Coba aja tutup mata kanan kamu dan perhatikan benda didepan kamu. Lalu buka dan tutup mata kiri kamu. Pasti jaraknya berubah kan? itulah yang dimaksud dengan persepsi jarak.

Mata dapat membedakan jauh dan dekat



Kedua mata manusia berada didepan. dengan dua mata yang kita miliki, jangkauan dan penglihatan kita menjadi lebih luas sehingga kita dapat membedakan jauh dekat nya benda dari mata kita dan merasakan tiga dimensi.

Sekali lagi, coba kamu taro pensil diatas meja, kemudian cobalah menyentuh bagian runcing dari pensil itu.

Kamu pasti akan merasa sulit untuk menentukkan jarak pensil tadi. 

Disini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mempunyai dua mata sangat penting dalam membantu kita melihat bentuk tiga dimensi serta menentukkan jarak dekatnya suatu benda.


Supaya lebih ganteng atau cantik

DagDigDug banget kalo kayak gini ya?

Enak ya kalo ngeliatin gebetan setiap hari. Apalagi tatapin matanya. Serasa menatap masa depan ya. Mempunyai dua mata membuat manusia lebih sempurna dan lebih percaya diri serta membuat kamu menjadi ganteng & cantik

Memangnya kamu mau mempunyai 
mata seperti plankton(film spongebob) yang hanya memiliki satu mata? haha nggak mungkin lah ya. 

Karena pada dasarnya semua manusia dianugrahkan memiliki dua mata dan sudah seharusnya kita menjaga ciptaan tuhan dan merawatnya. 

Info: Mata normal manusia lebih besar resolusinya dari pada kamera yang paling HD sekalipun!

Artikel terkait:

3 Tanggapan untuk "Alasan Mengapa Manusia Mempunyai Dua Mata"

  1. Beneer broo pantes anengaca kok ganteng bener

    ReplyDelete
  2. kalau matanya satu kan ga afdol gan , tuhan menciptakan segala sesuatu itu pasti ada pasangannya gan :D

    http://asfarasyoucandoit.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna. Dan semua ada dua belahan yang sama

    ReplyDelete

close
loading...