Misteri Lubang Hitam Dan Penjelasannya

Hasil gambar untuk lubang hitam 

Misteri Lubang Hitam - Siapa sih yang nggak tahu lubang hitam? Lubang hitam adalah salah satu objek paling misterius yang ada diluar angkasa. Lubang hitam juga merupakan bagian dari ruang waktu yang memiliki gravitasi sangat kuat bahkan benda secepat cahaya aja nggak bisa lolos. Banyak sekali Bintang paling besar di galaksi bima sakti yang akan menjadi calon calon lubang hitam.

Lubang hitam diluar angkasa juga disebut sebut sebagai lubang neraka, karena menghisap benda apapun yang ada disekitar nya, pernah nonton film Zathura nggak? begitulah gambaran lubang hitam ketika menghisap suatu benda. 

Lubang hitam juga sering dikaitkan dengan kejadian aneh yang terjadi di segitiga bermuda. Yaitu banyak kapal atau pesawat terbang yang melintasi kawasan perairan itu hilang secara tiba tiba.

Tapi kayak nya nggak mungkin, bisa saja pesawat dan kapal lainnya hilang dengan berbagai macam teori & faktor lainnya.

Seperti teori blue hole, gas metana, dan lain lain.Tapi bukan segitiga bermuda yang akan kita bahas

Bagaimana sih terjadinya lubang hitam?


 

Asal muasal terjadinya lubang hitam menurut pakar, lubang hitam yang sering disebut black hole ini merupakan evolusi tahap akhir sebuah bintang raksasa, yang memiliki massa 10 sampai 15 kali massa matahari

 "Evolusi Tahap akhir itu apa?"
 "Hadeh, masa nggak tahu?"

Artinya sebuah bintang yang akan habis umurnya(mati). Suatu saat matahari kita pun akan mati juga. 
                              
"Kok bisa mati?"

Saat sebuah bintang kehabisan bahan bakar, karena hidrogren sudah habis menjadi helium. Nah, kalau sebuah bintang sudah mati akan terjadi ledakan supernova(maha dasyat). Dan terbentuklah lubang hitam.



"Matahari bisa jadi lubang hitam bro?"

Bisa iya, bisa tidak. Karena massa matahari tidak memungkinkan untuk menciptakan gravitasi super kuat yang diakibatkan oleh lubang hitam itu sendiri.

Proses sekarat/kematian bintang ini berbeda beda sesuai dengan besar massa bintang tersebut. Bukan hanya lubang hitam, bintag mati juga bisa menjadi bintang Neutron, Pulsar, dan lain lain.
                 
 "Waduh bahaya dong lubang hitam? Bumi bisa keisep nggak?"

Sampai saat ini bumi masih aman dari lubang hitam karena jarak terdekatnya yaitu sekitar 3000 tahun cahaya. Dengan teleskop raksasa, ahli astronom mampu mengamati lubang hitam itu dengan jarak yang sangat jauh. Dimana lagi kalo bukan dibumi, masa dibulan.

Berikut penampakannya

Ilustrasi lubang hitam terdekat dari bumi

Lubang hitam itu debri nama V616 Mon. Dan masih tedapat banyak sekali lubang hitam yang dekat dari bumi seperti Cygnus X-1 yang memiliki jarak 6000 tahun cahaya dari bumi dan memiliki ukuran massa 15 kali lipat dari matahari.

Teori lubang hitam


Pada 234 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1783, seorang ilmuwan yang bernama John Mithcell menciptakan teori mengenai kemungkinan adanya lubang hitam setelah ia meniliti teori gravitasi Isaac Newton.

John Mithcell mengatakan bila objek yang ditempatkan lurus keatas akan terlepas dari pengaruh gravitasi selepas mencapai kejauhan lebih dari 11 km/detik. Maka tentu banyak planet maupun bintang lain yang mempunyai gravitasi lebih besar daripada bumi.

Berbagai pengamatan telah dilakukan untuk mengamati lubang hitam, seperti Teleskop Sinar X yang ada diluar angkasa. Pengamatan ini dilakukan lebih dari satu dekade dan menyimpulkan bahwa ada bintang yang hancur dan ditelan olehnya

Berdasarkan pengamatan, ahli astronom dari Jerman pernah melihat sebuah bintang raksasa yang mendekati lubang hitam tersebut dan akhirnya hilang ditelan oleh lubang itu.

Lubang hitam yang dilihat itu berada sekitar 700 juta tahun cahaya dari bumi. Dan bintang yang tersedot lubang itu juga memiliki besar yang sama seperti matahari. Banyak juga yang mengatakan terdapat ribuan lubang hitam digalaksi bima sakti, tapi apakah tata surya kita tercinta ini akan tersedot olehnya?

Saya katakan tidak, karena lubang hitam yang ada digalaksi bima sakti dikatakan dalam keadaan tenang. Dan hanya sedikit objek yang disedot disekitar lubang hitam tersebut.

Pernah nggak sih kebayang difikiran kamu, apa jadinya jika kita terhisap oleh lubang hitam? Jika kamu terhisap lubang hitam maka tubuh kamu akan memanjang seperti spageti. Ketika memasuki lubang hitam, waktu dalam sudut pandang manusia akan melambat, jauh lebih lambat dari waktu yang dirasakan dibumi.Bahkan bisa memungkinkan melintasi waktu.

Bagaimana jika dua lubang hitam bersatu?



Ini adalah pernyataan yang paling menghantui benak & fikiran saya dari dulu. Dan akhirnya pada 11 februari 2016 telah diumumkan suatu penemuan besar dibidang astronomi.

Yaitu terdektesinya lubang hitam dari hasil penggabungan gelombang gravitasi dua lubang hitam menjadi satu lubang hitam oleh tim Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory (LIGO).
Para ilmuwan menyambut senang dengan penemuan besar ini karena merupakan hal yang baru dalam ilmu astronomi. Bahkan bagi kita mungkin berfikir, apa penting nya sih penemuan tersebut?

Gelombang gravitasi

Menurut Albert Einstein saat sebuah benda yang bermassa besar dan bergerak cepat, akan terbentuk riak kecil pada ruang waktu disekitar nya, dan menjalar menjauhi benda itu. Riak ruang waktu inilah yang disebut gelombang gravitasi dengan memiliki laju yang sama seperti cahaya yaitu sekitar 300.000 km/detik.

Masih nggak ngerti?

Coba deh kamu lempar batu ke kolam renang atau kolam ikan yang tenang. Apa yang akan terjadi?
Pastinya batu akan tenggelam dan air akan terciprat, dan ada riak riak air dipermukaan kolam yang semakin menjauhi titik awal tenggelam batu yang tadi kamu lempar.

 "Riak itu apasih, masih nggak ngerti"

Coba deh kamu perhatiin ketika mobil atau motor ngelewatin banjir, apalagi pas ngebut. Nah riak riak air nya itu pasti akan menjauh dari titik awal motor itu lewat.

Hal ini mirip seperti pernyataan Einstein tadi.

Tetapi riak riak yang ada dipermukaan air yang dapat diamati dengan mata hanyalah diakibatkan oleh benda kecil seperti batu. Beda dengan riak pada ruang waktu yang teramat sangat sangat kecil. Sehingga diperlukan sumber massa yang sangat besar dan gerak nya dipercepat.

Seperti dua lubang hitam yang saling mengitari dan menarik satu sama lain. Saat mengitari itulah jarak antar kedua lubang hitam tersebut akan semakin dekat dengan laju secepat cahaya yaitu 300.000 km/detik

Dan akhirnya kedua lubang hitam itu akan bersatu untuk membentuk satu lubang hitam yang super besar dan memiliki massa berpuluh puluh bahkan beribu ribu kali lipat dari massa matahari. Sedangkan massa matahari itu sendiri yaitu 2 juta triliun triliun(2.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000)

Bingung ngitungnya?
Sama saya juga.

Dan selanjut nya lubang hitam itu akan disebut sebagai lubang hitam Supermassif.
Berikut ilustrasi nya

Ilustrasi lubang hitam supermasif

Misteri yang tersimpan didalam lubang hitam


Sebagian orang pastinya sudah tahu dan sering mendengar lubang hitam, iyalah kan dari tadi saya bahas-_-. Apalagi jika kalian yang sudah menonton film Interstellar.

Film ini mengisahkan sekolompok astronot yang berjuang mencari planet lain yang bisa ditempati manusia, melalui lubang cacing dan pergi ke galaksi yang jauh nya ribuan tahun cahaya, beberapa astronot tersebut mulai memerika planet yang mengorbit lubang hitam itu.

Skip aja ya

Saat bapak nya Murpyh(Cooper) masuk ke lubang hitam yang super besar itu dan bisa kembali kemasa lalu. Kamu bingung kan?. Berikut foto lubang hitam yang ada di Interstellar yang dinamai Gergantua itu.


Meskipun hanya sebuah film, kisah yang dialami difilm ini begitu nyata. Lubang hitam dalam film ini sangat padat, perputaran nya sangat kuat, cahaya pun terperangkap disekelilingnya. Tetapi lubang hitam ini dijadikan orbit planet yang jarak nya cukup jauh.

Bisa melintasi waktu?

Jika kamu sudah menonton film ini pasti bingungkan saat si Cooper terhisap dalam lubang hitam , lalu tiba tiba si bapak nya Murph(Cooper)ini masuk kedunia lain yang disebut dunia 5 dimensi.
Murphy dan Cooper

"Lho kok bisa? piye to mas?"

Saya awalnya juga sempat bingung, saya kesana kesini mecari jawaban, Akhirnya saya masih belum mengerti, dikit sih tapi akan saya jelaskan sedikit.

Berdasarkan info,  1 dimensi adalah sebuah garis, 2 dimensi adalah gambar/foto, 3 dimensi adalah sebuah bentukan, 4 dimensi adalah sebuah lintas gambar. Misalnya kamu pergi ke Ancol maka apa yang kamu lihat dan rasakan disekitar perjalanan tersebut bisa dibilang 4 dimensi.

Lalu bagaimana dengan 5 dimensi?

Sebenarnya 4 & 5 dimensi hampir sama. Namun 5 dimensi sudah lebih hebat karena dunia tersebut sudah diarsipkan. Dan kita bisa merayapi waktu arsip mana yang kita inginkan dan sesuka kita.

"Masih nggak ngerti bro"

Misalnya saat kamu punya dua rumah, dan kalian sudah mengisi barang barang dirumah kamu sampai penuh(sofa,lemari, dll)

Tapi kamu ingin beli rumah lagi yang barang barangnya masih sedikit. Kamu bebas mau tinggal dimana aja dan ngegunain barang sesuka kalian.

Hal diatas hampir sama dengan arti dunia lima dimensi, yang membedakan waktulah yang disimpan & diarsipkan. Misalnya kamu hidup pada tahun 2016 kita bisa saja kembali ke jamannya pak soekarno jijka kamu hidup didunia lima dimensi(sekarang kita hidup didunia tiga dimensi).

Sudah penjelasannya ya, kembali ke topik.

Ingat nggak saat kamarnya murphy ada hantu yang suka ngegerakkin jam nya itu, sebenarnya itu adalah cooper sendiri yang melintasi waktu ke masa lalu, saat murphy masih kecil dan melalui Taseract inilah Cooper menggerakkan jam tangannya Murphy.

Kamarnya Murphy

                   
Tasseract(dunia 5 dimensi)

"Ah fiksi itu filmnya"

Loh fiksi?, sebenarnya ini film fiksi yang sangat jenius. Setahu saya film ini melibatkan banyak ahli astronomi.

Sebenarnya berkat Cooper masuk kedalam lubang hitam, rahasia misterius tentang lubang hitam akhirnya terungkap dan dijelaskan dengan rumusan fisika gravitasi Quantum(saya benci fisika).

Rumusan fisika ini terdapat pada lubang hitam, karena lubang hitam memiliki sifat gravitasi yang sangat aneh dan tidak bisa dijelaskan.

Kemudian rumus tersebut dikirim ke jam tangannya murphy oleh Cooper, supaya si Murphy tahu bahwa dirinya ada didalam lubang hitam seperti bilangan binner atau apalah.

dan saat murphy dewasa, ia mengingat hal tersebut bahwa hantu yang selama ini menggerakkan jam tangannya adalah bapaknya sendiri dan ia mengetahui rumusan fisika tersebut akhirnya dia tahu bahwa bapaknya lagi didalam lubang hitam dan mulai menyelamatkan bapaknya itu.

Ini benar benar film yang luar biasa. Karena bisa mengungkap misteri yang ada didalam lubang hitam. Bukan sekedar film fiksi biasa, film ciptaan Christoper Nolan ini dapat dijelaskan dengan teori dan logika yang jelas.

Alasan saya mengaitkan film ini dengan lubang hitam karena, berkat film ini kita tahu apa yang dibalik lubang hitam dan misterinya.

Sampai suatu saat kita berhasil menemukan pesawat berkecepatan cahaya dan meneliti lubang hitam. Tapi butuh waktu yang lama karena jarak terdekatnya yaitu 3000 tahun cahaya.

Kesimpulan

Begitu banyaknya misteri yang ada diluar angkasa. Ciptaan tuhan memang sangat indah sekaligus misteri. Tetapi suatu saat pasti kita akan tahu mengapa alasan diri-Nya menciptakan lubang hitam

Wallahualam Bis'sawab

Artikel terkait:

5 Tanggapan untuk "Misteri Lubang Hitam Dan Penjelasannya"

  1. Masih bingung nih min..barang kalau masuk ke lubang hitam itu perginya ke mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua masih misteri mas, ada yang bilang lenyap begitu aja, ada juga yang bilang kita akan keluar melalui WhiteHole

      Delete
  2. banyak juga ya pengertian dari lubang hitam itu sendiri. tapi kayanya bakalan bisa bahaya itu apabila lubang hitam itu ada gan

    ReplyDelete
  3. Katanya kalo masuk ke lubang hitam benda-benda akan menjadi spiral ya

    ReplyDelete
  4. Setahu saya banyak sekali perbedaan pendapat mengenai apa itu lubang hitam dan penyebabnya. Akan tetapi dari semua perbedaan tersebut dapat kita simpulkan bahwa, itulah yang dinamakan kekuasaan Tuhan. Benar begitu bukan? Hehe maklum saya hanya orang awam.

    ReplyDelete

close
loading...