Bintang paling besar yang ada di galaksi Bima Sakti

Sistem tata surya kita masuk kedalam galaksi Bima Sakti. jarak antara bumi dan Bima Sakti adalah 20 sampai 30 ribu tahun cahaya. Jika cahaya berkecepatan 300.000 km/detik berapa jarak 20 ribu tahun cahaya?. Pasti nya banyak sekali dan tentunya tidak muat jika dikalikan di kalkulator hehe. Galaksi Bima Sakti sendiri pun dihuni oleh 200-400 miliar bintang seperti matahari. berikut Dunianomi akan mengulas bintang paling besar maupun Bintang terbesar yang ada di bima sakti.

VY Canis Majoris

Merupakan bintang paling besar dalam sejarah. letaknya pun juga di galaksi bima sakti. Sebesar apasih?


Lihat lah perbandingannya dengan matahari. Jari jari nya saja 1800 sampai 2100 kali Matahari. bintang ini diperkirakan memiliki suhu permukaan sekitar 3200 derajat celcius. dan merupakan bintang yang paling terang. Terangnya saja 200 sampai 500 ribu kali matahari. Benar benar indah ciptaan tuhan.

Bayangkan jika bintang ini dekat dengan bumi. pastinya bumi langsung cair seperti es krim. Tapi tenang saja jarak dari bumi ke bintang ini cukup jauh yaitu sekitar 4800 tahun cahaya. Tentu sangat jauh dan tidak akan menimbulkan efek yang besar terhadap bumi. Tentu bukan bintang ini saja yang besar.

Berikut saya jelaskan tentang R136a1


R136A1

Pada 6 tahun yang lalu, sejumlah astronom asal inggris menemukan sebuah bintang besar yang ada di Tarantula Nebula sejauh 170 ribu tahun cahaya dari bumi. 



Lihat lah perbandingan nya dengan Matahari. tentu Besar nya matahari kalah jauh. Energi yang dipancarkan bintang ini sangatlah besar, sekitar 10 juta kali dari matahari kita! dan merupakan bintang paling besar yang pernah ada setelah VY Canis majoris. 

Diketahui bahwa suhu permukaan bintang ini adalah 40 ribu derajat celcius. Lagi lagi ciptaan tuhan yang menakjubkan! Jika dibandingkan dengan ukuran tubuh kita jelas kita tidak ada apa apanya.

Itulah beberapa ulasan tentang bintang paling besar yang ada di bumi. Kalau dilihat dari ukuran bintang ini, jelas kita tidak ada apa apanya. Untuk itu manusia janganlah sombong karena kita hanya ibarat sebutir debu diluar angkasa sana. Semoga bermanfaat.






3 Responses to "Bintang paling besar yang ada di galaksi Bima Sakti"

  1. Ulas artikel galaksi bima sakti n andromeda berikut isinya buat nambah pengetahuan gan..cool jg blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas pasti nanti akan saya ulas. Terima kasih

      Hapus
  2. untung aja matahari gx sebesar bintang2 di atas ... :D gimana jadinya kalo sama

    BalasHapus