Pengertian dan Contoh Hukum Newton 1


Hukum newton pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Karena hukum newton pasti sudah dipelajari ketika kita masih SMP maupun saat SMA. Banyak sekali penerapan hukum newton yang kita alami tiap hari. Hukum newton adalah tiga hukum fisika sebagai dasar mekanika klasik.

Hukum newton ini memvisualisasikan hubungan antar gaya yang bekerja di suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Teori Hukum Newton 1

Hukum newton sangat berhubungan erat dengan gerak. Hukum newton terinspirasi dari buah apel yang jatuh dari pohonnya. Sebenarnya ada 3 hukum newton, tetapi di artikel saya kali ini hanya membahas hukum newton 1.

Hukum newton satu juga disebut hukum inersia atau hukum kelembaman. Adapun rumus hukum newton 1 yaitu

Bunyi Hukum newton 1

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula mula diam akan tetap diam. benda yang mula mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

Bunyi hukum ini dapat disimpulkan bahwa akibat dari gerak benda adalah tetap, sama seperti pergerakkan benda sebelumnya. Memang susah susah gampang untuk mempelajari hukum newton 1, tapi saya akan memberikan contoh gampang nya

* Saat kamu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi lalu direm mendadak, kamu pasti akan merasa          terdorong kedepan

* Sebuah pena yang diletakkan diatas kertas akan tetap diam ketika kertas ditarik dengan cepat

* Pemain Ice skating bisa meluncur tanpa mengeluarkan gaya.

Pernah melihat orang bermain ice skating? pemain ice skating tetap dapat meluncur dengan kecepatan tetap dan tidak memerlukan tenaga. Enak ya main ice skating.

Mengapa tetap dapat meluncur walaupun tanpa tenaga? karena gaya gesek yang ditimbulkan sepatu pemain ice skating tersebut sangatlah kecil.

Dan masih banyak contoh contoh yang lainnya

Contoh soal Hukum newton 1

Tentukan besar gaya normal pada benda seperti gambar bila massa benda adalah 10 kg

Pembahasan:

Untuk membahas soal tentang gerak. selalu analisis arah gerak dengan komponen gaya yang bekerja pada benda. Maka dapat dirumuskan sebagai berikut

N-W = 0 
N = W
W = m.g = 10(10) = 100 N.

Itulah beberapa pembahasan tentang hukum newton 1. memang agak sulit untuk memahami nya. Kamu hanya perlu mempelajarinya berkali kali supaya bisa masuk kedalam kepala. Semoga Bermanfaat :)

2 Responses to "Pengertian dan Contoh Hukum Newton 1"

  1. artikel nya sangat membantu walaupun membingungkan hehe

    BalasHapus
  2. Dari dulu zaman sekolah hukum newton susah diingat. Meskipun ingat besoknya lupa lagi wkwk :D
    Tapi mantap gan bermanfaat nih bagi adik-adik kita yang masih sekolah (y)

    BalasHapus