Planet unik yang mempunyai tiga matahari


Jagad raya memang tidak ada habis nya untuk dibicarakan. Mengandung banyak misteri yang belum terpecahkan apalagi dipercaya manusia.

Penemuan terbaru luar angkasa ini sempat membuat ilmuan kagum sekaligus heran. Kalau planet yang mempunyai satu atau dua bintang sudah terlalu mainstream. Namun yang ini anti mainstream. Bahkan tidak ada ilmuwan yang mengira bila ada planet di jagad raya yang memiliki tiga matahari.

Baca juga:
> Bintang paling besar yang ada di digalaksi bima sakti

> 7 Cara mengurangi mata minus secara alami dengan mudah

Namanya apasih?

Planet ini diberi nama HD-131399Ab. ribet banget ya?. Kevin Wagner, seorang ilmuwan dari Universitas Arizona mengatakan bila planet ini adalah planet yang memiliki lintasan paling unik, dan mustahil dipercaya keberadaannya.

Letaknya dimana?


Planet sendiri ini berada 320 tahun cahaya dari bumi, kalau jalan kaki capek banget kali ya. Lebih tepatnya di gugusan bintang cetaurus sob. Au deh dimana tuh, saya belum pernah kesana.

HD-131399Ab diketahui memiliki empat kali lebih besar dari planet Jupiter. Jarak dari planet ini kebintangnya adalah dua kali jarak matahari-pluto. Untuk mengetahui keberadaan planet unik ini ilmuwan menggunakan teleskop raksasa milik European Southern Observatory. 


Bagaimana caranya berevolusi?


Planet ini mengelilingi sebuah bintang yang berumur muda yaitu HD-131399A. Untuk satu kali putaran membutuhkan waktu 550 tahun. Dua bintang lainnya yang terletak agak jauh yaitu HD-131399B dan HD-131399C juga memutar disekitar bintang HD-131399A. 

Adanya tiga bintang disekitarnya membuat lintasan planet ini dapat berubah dari waktu ke waktu. Ilmuwan mengatakan mustahil planet ini ada dikarenakan gaya gravitasi dari tiga bintang cukup kuat untuk menghancurkan sebuah planet. Namun tanda tanda kehancuran ini tidak terlihat.


Usianya berapa sih?


Planet ini sudah berusia 16 juta tahun dan memiliki bebatuan sama seperti bumi. 16 juta tahun adalah umur yang sangat muda bagi sebuah planet. Bumi saja sudah berusia 4,5 miliar tahun. 


Kondisi planet tersebut


Diplanet ini tidak memungkinkan ada nya kehidupan, karena kondisi ekstrim yang melanda planet ini dan setiap harinya ada tiga matahari yang terbit di planet HD-131399Ab, bila salah satu bintangnya terbenam, masih ada bintang lain yang bersinar. Jadi tidak ada malam di planet ini.

Belum lagi berbicara soal tekanan&gravitasi antimainstream yang diakibatkan oleh Planet HD-131399Ab dan ketiga bintangnya.

Bumi kita yang sudah mempunyai satu matahari saja sudah kepanasan bagaimana tiga matahari?. Harus nya kita lebih bersyukur diberi tempat tinggal yang layak oleh tuhan kita. Dan mulai sekarang lebih merawat dan mencintai bumi kita.

Artikel terkait:

9 Tanggapan untuk "Planet unik yang mempunyai tiga matahari"

  1. Wahh unik bener planetnya gan. . ampe pnya 3matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja sempet ga percaya tapi emang beneran ada.

      Delete
  2. Planet unik yang membuat kita sadar betapa Tuhan Maha Kuasa..

    ReplyDelete
  3. 1 aja panas gan.. ga kebayang punya 3

    ReplyDelete
  4. kebesaran yang maha kuasa. kita manusia bagaikan debu ya gan.

    ReplyDelete
  5. satu aja panas gan.. ini punya 3 y.. g kebayang panasnya gmn

    ReplyDelete
  6. Keren juga tu gan ada 3 matahari, mungkin itu hanya bayangan saja..

    ReplyDelete

close
loading...