Menguak Keberadaan Galaksi Raksasa IC 1101


Begitu luasnya alam semesta ini. Ilmuwan telah memperkirakan bahwa jumlah minimal galaksi di alam semesta adalah 2 triliyun. Tetapi astronom telah berhasil menemukan galaksi terbesar di alam semesta yang pernah di ketahui oleh manusia.

IC 1101 terlihat seperti warna kuning kemerahan

Galaksi yang dinamakan IC 1101 ini mempunyai bentuk elips dan memiliki jarak yang cukup jauh dari bumi yaitu sekitar 1 miliyar tahun cahaya.

Dengan bantuan teleskop Hubble, astronom memperkirakan bahwa 
galaksi IC 1101 memiliki diameter mencapai 6 juta tahun cahaya. Galaksi bima sakti saja hanya memiliki diameter 100.000 tahun cahaya. Itupun manusia baru menjelajah 0,01 % dari seluruh galaksi bima sakti.

IC 1101 ditemukan oleh Wiliam Harschel yang merupakan seorang astronom asal inggris pada 19 Juni 1790. Galaksi super raksasa ini tersusun dari banyak bintang dengan kandungan logam yang tinggi. Itulah yang membuat galaksi ini terlihat seperti kuning kemerahan.

Kita lihat perbandingannya dengan foto di bawah ini.


Galaksi bima sakti memiliki lebar 100 ribu tahun cahaya. Lalu dibandingkan dengan galaksi tetangga kita yaitu andromeda yang mempunyai 200 ribu tahun cahaya. Dan yang ketiga bima sakti dan andromeda dibandingkan dengan galaksi yang lebih besar yaitu Messier 87 yang memiliki diameter 500 ribu tahun cahaya. Lalu yang terakhir IC 1101 dibandingkan dengan Bima sakti, Andromeda dan Messier 87. Bima sakti terlihat seperti titik putih kecil ya?

Usut punya usut, penyebab galaksi ini menjadi besar karena IC 1101 pernah bergabung dengan beberapa galaksi lain dan menyatu menjadi galaksi raksasa.

Di dalam galaksi tersebut juga terdapat lubang hitam yang amat besar atau julukannya yaitu black hole supermassive. Diperkirakan galaksi ini mengandung sekitar 100 triliyun bintang raksasa yang ukurannya berlipat lipat dari pada matahari. Namun umur bintang bintang tersebut tidak akan bertahan lama karena membakar gas lebih banyak.

Karena ukurannya yang lumayan besar yaitu 50 kali ukuran bima sakti. Perlahan lahan galaksi ini akan sekarat karena kehilangan gas-gas pembuat bintang. Sedikit sekali bintang yang baru yang terlahir di IC 1101.


Tentu ini bukanlah galaksi terbesar di alam semesta karena masih ada 2 triliyun galaksi yang belum bisa di observasi manusia. Tetapi ini merupakan galaksi terbesar yang pernah diketahui oleh manusia. Masih banyak galaksi raksasa di luar angkasa sana yang memiliki diameter jutaan hingga ratusan juta tahun cahaya.






0 Response to "Menguak Keberadaan Galaksi Raksasa IC 1101"

Posting Komentar