Proxima b Menjadi Planet Layak Huni Terdekat Dari Bumi


Astronom makin berlomba - lomba mencari planet layak huni di luar tata surya. Selain bumi makin tua, populasi bumi pun juga akan semakin penuh. Bahkan di perkirakan pada tahun 2050 nanti jumlah populasi manusia di Bumi mencapai 9 miliyar!

Adakah planet lain yang bisa di huni selain bumi?

Banyak sekali planet layak huni di luar tata surya. Namun hanya ada 9 yang benar benar mirip seperti bumi kita tercinta.

Baru baru ini astronom menemukan sebuah planet layak huni seperti bumi. Berita ini tentunya di sambut gembira dan merupakan penemuan paling istimewa tahun 2016 ini.

Pada Agustus 2016 lalu, tepat nya tanggal 24 para astronom berhasil menemukan planet layak huni yang mengorbit bintang terdekat dari matahari. Planet ini ditemukan dengan metode Spektroskopi Doppler di Observatoriun Eropa Selatan.

Ilustrasi Proxima B

Planet layak huni ini diberi nama Proxima Centauri b (Panggil aja Proxima b). Planet yang berada di luar tata surya ini mengorbit sebuah bintang yaitu Proxima Centauri.

Planet ini terletak sekitar 4,2 tahun cahaya dari bumi. Walau jarak tahun cahaya nya tidak terlalu jauh, namun jika dihitung dengan satuan km sangatlah jauh. Jika 1 tahun cahaya berjarak 9,4 triliyun km. Maka 9,4 triliyun di kali 4,2 =  39,48 triliyun km. Kalau kesananya naik angkot kira kira berapa ongkosnya ya? hehe.

Pengamatan yang dilakukan dengan metode Spektroskopi antara tahun 2004 dan 2014 ini telah mendapatkan firasat keberadaan sebuah planet layak huni yang terletak di rasi Centaurus.

Pada awal tahun 2016, Para ilmuwan dari tim Pale Retdot  menggunakan sebuah pengamat benda langit yang paling tajam dan akurat yaitu High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS) untuk mengamati bintang Proxima Centauri.

Setelah meneliti selama berbulan bulan akhirnya penemuan ini telah di publikasikan pada tanggal 24 Agustus tahun 2016.

Hasil penemuan tersebut
mengungkapkan bahwa planet Proxima b memiliki ukuran yang sama seperti bumi dan memiliki orbit yang berada di zona cukup hangat. Sehingga air dapat di temukan di planet tersebut.

Ilustrasi Proxima b & bintangnya

Planet ini terletak di sistem Alpha Centauri. Perjalanan kesanapun sudah direncanakan dengan program Breakthrough Starshot. Mereka akan membuat wahana luar angkasa yang bergerak dengan kecepatan 20 % dari kecepatan cahaya. Jika kecepatan cahaya 300.000 km/detik maka 20 % di kali 300.000 adalah 60.000 km per detik. Jadi wahana ini akan meluncur dengan kecepatan 60.000 km/detik. Butuh waktu sekitar 20 tahun untuk tiba di Proxima b!



Proxima b juga memiliki jarak yang cukup dekat dengan bintangnya. Yaitu sekitar 7 juta km. 200% lebih dekat daripada jarak antara bumi dan matahari.

Walaupun memiliki jarak yang sangat dekat, bintangnya Proxima b ini memiliki suhu tidak terlalu panas seperti matahari. Hanya sekitar 3000 kelvin. Proxima b juga hanya menerima 60 % cahaya dan panas yang diterima oleh Proxima Centauri.

Tetapi tetap saja, lidah api Proxima centauri lebih besar dari bintang lainnya. Dengan jarak yang cukup dekat, lidah api bintang katai merah ini sanggup menyapu habis Proxima b dan menjadi seperti bola api yang menyala.

Jika dalam miliyaran tahun kedepan kandungan hidrogen matahari akan habis dan dan padam, maka sudah wajib bagi manusia untuk mencari tempat tinggal lainnya karena matahari merupakan 'induk' bagi bumi.

Sudah tentu manusia bersiap siap dari sekarang, karena bumi dan matahari sudah semakin tua. Mau dirawat ataupun dijaga seperti apapun memang bumi sudah tua. Tapi bukan berarti kita berhenti merawat bumi. Bukan tidak mungkin lagi miliyaran tahun kedepan bumi akan kehilangan matahari karena habis kandungan hidrogennya. Dan kehilangan bulan karena menjauh 3,8 cm setiap tahunnya.

Sudah siap tinggal di planet baru?

0 Response to "Proxima b Menjadi Planet Layak Huni Terdekat Dari Bumi"

Posting Komentar