7 Kegunaan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Oksigen dilambangkan dengan O2

Oksigen merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kehidupan manusia. Selain menjadi komponen penting bagi Bumi, oksigen juga unsur yang paling banyak di kandungi di alam semesta.

Bagi manusia, oksigen juga dapat membantu peredaran darah dan 
dibutuhkan bagi tubuh untuk melakukan metabolisme.

Tanpa oksigen pastinya kehidupan tidak akan ada. Karena oksigen merupakan syarat utama terbentuknya sebuah kehidupan. Namun tidak hanya itu, manfaat oksigen bagi tubuh manusia dan makhluk hidup sangatlah banyak. Berikut 7 kegunaan oksigen bagi tubuh manusia.


1. Berfungsi sebagai unsur penting dalam sistem pernafasan

Oksigen sangat diperlukan dalam proses terjadinya pernafasan pada manusia karena oksigen mempunyai peran sebagai metabolisme tubuh. Bila oksigen di Bumi tiba tiba hilang, sudah dipastikan umat manusia langsung punah.

2. Membantu sistem peredaran darah

Sistem yang ada di dalam peredaran darah pada manusia dipengaruhi oleh oksigen. Tubuh manusia membutuhkan setidaknya 90 % oksigen. Ketika oksigen yang ada di dalam darah berkurang, maka dampaknya adalah kesulitan bernafas.

3. Mencegah penyakit berbahaya

Kandungan oksigen yang tinggi di dalam tubuh manusia mampu mencegah sel sel penyakit seperti kanker tidak dapat tumbuh. Tetapi pada saat sel tumbuh lebih banyak tanpa adanya oksigen, bisa menyebabkan sel-sel leluasa untuk menyerang dan pertumbuhan sel yang menjadi tidak terkendali.

4. Berfungsi sebagai kekebalan tubuh

Selain bisa mencegah penyakit, oksigen yang cukup mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi stabil. Kekebalan tubuh akan menyebabkan kebal terhadap penyakit, bakteri, dan serangan virus lainnya.

5. Mencegah penuaan dini

Kulit merupakan hal yang paling berharga bagi manusia. Karena banyak orang, terutama wanita yang rela mengeluarkan uang untuk 'menghaluskan' kulit mereka agar tetap cantik. Banyak dari mereka yang khawatir jika umur bertambah dapat memengaruhi kualitas kulit. Apalagi wanita yang mengalami penuaan, tetapi umurnya masih muda.

sebenarnya dengan air oksigen dapat membantu pembentukkan jaringan pernafasan pada kulit. Dan bisa menyebabkan metabolisme lebih aktif untuk menghilangkan racun. Oksigen juga mampu menangkal radikal bebas sehingga membantu regenerasi sel pada kulit.

6. Mempercepat daya ingat

Sirkulasi oksigen terhadap tubuh manusia sangat berpengaruh pada fungsi otak. Jika otak kita memililiki dan mengandung oksigen yang cukup. Maka kecerdasan serta daya ingat akan meningkat.

7. Mampu mengatasi stress yang berlebihan

Banyak sekali dari kita yang mengalami gugup atau stress karena suatu hal. Tetapi hal itu dapat diatasi dengan oksigen. Yaitu dengan cara mengambil nafas panjang dan membuangnya secara perlahan. Itu menjadi hal yang normal ketika kamu mau nembak cewek atau menghadapi sidang skripsi, hehe.

Fungsi dari pengambilan nafas panjang adalah untuk membantu terbukanya paru paru sehingga mampu menyerap energi-energi yang bisa memperbaiki sel yang ada di dalam tubuh. Lalu bisa membuat kamu menjadi tenang dan fikiran lebih fresh.

Itulah beberapa kegunaan oksigen bagi tubuh manusia. Mulai dari sekarang kita harus lebih bersyukur karena tidak hentinya Tuhan memberikan nikmat yang besar. Salah satunya adalah menghirup oksigen

Refrensi: 
http://manfaat.co.id/20-manfaat-oksigen-bagi-manusia

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Kegunaan Oksigen Bagi Tubuh Manusia"

Post a Comment

close
loading...