NASA Berencana Menjelajahi Lautan Titan Dengan Kapal Selam

Satelit terbesar Saturnus di potret oleh Cassini

Titan merupakan satelit alami sekaligus terbesar planet Saturnus. Nggak disangka, satelit ini juga merupakan satelit alami yang memiliki atmosfer di tata surya. Dipermukaan Titan terdapat lautan yang dicurigai memiliki tanda tanda kehidupan oleh sejumlah astronom.

Beberapa waktu yang lalu pesawat antariksa Cassini milik NASA menangkap objek yang terlihat seperti ombak di lautan salah satu satelit Saturnus, yaitu Titan.

Mengutip dari Space.com, lautan yang berada di bawah permukaan Titan memiliki rasa asin yang sama seperti di Bumi.

Beberapa data gravitasi yang dikumpulkan oleh Cassini menunjukkan bahwa lautan Titan memiliki skala yang sangat padat.

Para astronom menduga bahwa lautan itu mempunyai kadar asin yang sama seperti laut Mati, Israel.

Pesawat antariksa Cassini yang sudah mengorbit Titan selama 10 tahun ini telah berupaya mengumpulkan data gravitasi dan topografi Titan. Sehinga bisa membuat para peneliti mencitrakan model struktur es di satelit terbesar Saturnus.


Sebenarnya Titan diselimuti oleh es sama hal nya seperti Antartika.  Namun bedanya, para ilmuwan mengungkap bahwa dipermukaannya ada lautan cair.

Perbedaan diameter antara Bumi, Bulan dan Titan

NASA pun berencana untuk mengirimkan kapal selam tanpa awak untuk mengarungi lautan Titan. Kapal tersebut juga diklaim mampu menjelajahi kedalaman laut Titan.

"Kapal selam itu mampu bertahan di dalam cairan metana dan etana yang melapisi Titan dan mengirim data mengenai satelit terbesar Saturnus tersebut ke Bumi" kata Jason Hartwig, salah satu teknisi Kriogenik NASA.

Kapal yang mempunyai panjang sekitar 6 meter ini akan membawa banyak alat seperti sensor, radar, sonar dan lain sebagainya. Kamera pun akan dibawa untuk mengambil citra gambar di dalam lautan Titan lalu di kirim ke Bumi.

Cara kerja kapal selam ini adalah memperhitungkan tinggi ombak dan atmosfer. Yang pastinya juga dapat menyelam dan mengukur kandungan dari cairan yang ada disana lalu mengambil sampelnya.

"Jika saja kita mampu mengarungi seluruh permukaan laut lalu mengambil sampelnya, kapal selam itu akan memberikan banyak informasi mengenai keadaan disekitar Titan" ungkap Michael Paul dari Penn State University.

Untuk membuat kapal selam ini pun sudah direncanakan dan proyek akan di mulai pada pertengahan 2017 nanti. Semoga para peniliti mampu mengamati dan mempelajari semuanya tentang satelit yang besarnya mirip planet ini.

0 Response to "NASA Berencana Menjelajahi Lautan Titan Dengan Kapal Selam"

Posting Komentar