Para Ilmuwan Berambisi Bangun Negara Asgardia Di Luar Angkasa

Ilustrasi Negara Asgardia

Negara merupakan sekumpulan orang yang menempati suatu wilayah. Salah satu syarat berdirinya sebuah negara adalah wilayah yang tetap dan memiliki warga negara.

Tapi berbeda dengan konsep negara 
ekstrim ini. Proyek Asgardia akan menjadi negara sendiri yang wilayahnya akan menempati di luar angkasa.

Salah satu ilmuwan yang memimpin proyek ini dari Rusia, Igor Ashurbeyli mengatakan bahwa sekarang orang orang di Bumi bisa mengajukan diri untuk menjadi warga negara Asgardia.

Saat konferensi pers yang dilakukan pada 12 Oktober kemarin, jumlah orang yang sudah mendaftarkan diri menjadi bagian warga negara Asgardia sudah mencapai lebih dari 80 ribu orang.

Bagi kamu yang berminat menjadi warga negara Asgardia bisa mendaftarkan diri di alamat http://asgardia.space. Namun saat ini Asgardia belum diresmikan menjadi sebuah negara.

Rencananya pada tahun 2017 mendatang, akan diluncurkan satelit pertama Asgardia yang diharapkan mampu menampung hingga 150 juta orang untuk tinggal di luar angkasa.

Konsep negara Asgardia
Untuk meresmikan sebuah negara, tim proyek Asgardia mengatakan bahwa mereka membutuhkan puluhan ribu warga negara, sebelum akhirnya diakui sebagai negara oleh PBB.

Namun untuk menjadi warga negara yang berbasis di luar angkasa ini tidak dipungut biaya sama sekali.

Banyak orang yang berpendapat bahwa misi ini hanyalah omong kosong belaka. Namun juru bicara proyek Asgardia, Timothy wild memastikan misi ini tidak main-main dan akan dilaksanakan secara serius.

Asgardia nantinya juga akan ditempatkan di orbit rendah Bumi. Mungkin sekitar 300 sampai 500 km di atas permukaan Bumi.

Tetapi untuk meresmikan sebuah negara bukanlah perkara yang mudah. Joanne Iren, salah satu pakar luar angkasa berpendapat bahwa tidak mudah untuk Asgardia bakal diakui sebagai negara. "Untuk mengakui sebuah entisitas suatu negara diperlukan kriteria khusus yaitu harus memiliki wilayah, populasi, dan diakui sebagai negara oleh negara lain. Kalau hanya memiliki warga negara saja itu tidak cukup" Ungkapnya.

Jika misi ini benar benar terealisasikan, mungkin Asgardia akan seperti Film Elysium. Yaitu sebuah stasiun luar angkasa yang di huni oleh sekumpulan manusia yang rata rata orang kaya. Bagaimana ya menjalani kehidupan di luar angkasa? Yang pasti kamu nggak bakal bisa jemur pakaian karena panasnya matahari nggak akan kerasa jika nggak ada udara.

Mungkin kamu berminat untuk menjadi warga negara Asgardia? Buruan daftar!

1 Response to "Para Ilmuwan Berambisi Bangun Negara Asgardia Di Luar Angkasa"