Objek Misterius Terlihat Di Dekat Neptunus

Planet Terjauh Dari Matahari, Neptunus

Planet Neptunus merupakan salah satu objek yang cukup menarik di tata surya. Selain menjadi planet terjauh dari matahari, penemuan Neptunus pun cukup unik. Yaitu dengan perhitungan matematika.

Namun kali ini para astronom dan ilmuwan kembali menemukan penemuan yang unik sekaligus misterius di orbit Neptunus. Yaitu sebuah objek misterius di dekat planet Neptunus. 

Objek ini mempunyai diameter seluas 200 km dan bergerak berlawanan arah. Objek yang di beri nama 'Niku' ini merupakan planet minor di masa lampaunya Neptunus.

Planet minor adalah sebuah objek benda astronomi yang berada di dalam sebuah orbit planet. Benda astronomi ini bukan merupakan planet ataupun komet. Berbeda dengan planet minor lainnya, Niku bergerak berlawanan arah dan beperilaku aneh.

Objek misterius ini diketahui lebih redup 160 ribu kali daripada Neptunus. Keanehan Niku selain bergerak berlawanan arah, juga mengorbit dengan miring 110° terhadap bidang di tata surya.

Tetapi Niku sudah bergerak diatas bidang ini. Perjalanannya pun sedikit jauh keatas setiap hari. Seharusnya sebuah objek yang bergerak dengan arah berlawanan telah di dorong oleh gravitasi benda lain.

Hipotesis pun diciptakan. Para ilmuwan curiga bahwa planet yang memiliki 10 kali massa Bumi telah menarik gravitasi Niku.

Tapi faktanya objek ini telah keluar dari orbit Neptunus dan melayang bebas di tata surya.

"Ini menunjukkan bahwa banyak sekali kejadian di tata surya, di luar nalar yang kita ketahui" Ungkap Matthew Holman dari Harvard Smith Sonisan Center For Astrophysics.

Jadi ini merupakan bagian dari misteri luar angkasa yang sulit di terima oleh akal dan nalar manusia.

Beberapa penelitian pun mengaggap bahwa Niku hanya sebagian kecil misteri yang belum terungkap. Jika penemuan ini menjadi sebuah rahasia yang terungkap, maka ilmuwan akan berfikir bahwa misteri ini menjadi penemuan yang menakjubkan dan patut di teliti lebih lanjut.

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Objek Misterius Terlihat Di Dekat Neptunus"

Post a Comment

close
loading...