China Ciptakan Teleskop Canggih Untuk Berburu Alien


Penampakan foto Teleskop 'FAST' 

Alien merupakan hal yang sangat misterius bagi manusia. Astronom telah mencoba melacak tanda tanda keberadaan alien di planet yang diduga layak huni. Namun apa daya teknologi yang digunakan manusia saat ini belum memumpuni.

Namun ilmuwan dan astronom sangat berambisi untuk berburu alien. Baru baru ini pemerintah China telah selesai membangun sebuah teleskop radio terbesar sekaligus tercanggih di dunia. Tak tanggung tanggung, biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan mega proyek ini sebesar 180 juta dollar atau sekitar 2,5 triliyun rupiah dan memakan waktu 5 tahun.

Di dekat teleskop canggih itu, di bangun 4450 panel yang digunakan sebagai reflektor. Diperkirakan teleskop ini besarnya mencapai 30 kali lapangan sepak bola.


Teleskop yang di beri nama FAST (Five Hundred Meter Apreature Spherical Telescope) ini berlokasi di sekitar barat daya provinsi Guizhou, Tiongkok. Sekitar 9.000 orang harus rela direlokasi karena rumah mereka akan dijadikan sebagai jalan menuju teleskop raksasa tersebut.

Pada tanggal 29 September lalu, teleskop raksasa FAST mulai dioperasikan untuk mencari tanda tanda kehidupan selain di Bumi. Teleskop ini menggunakan sebuah sistem gelombang elektromagnetik untuk melacak sebuah sinyal dari luar angkasa.

Peneliti dari National Astronomi Observatorium mengungkap bahwa FAST mampu mendeteksi sinyal dan gelombang radio dari luar angkasa hingga jarak mencapai 1350 tahun cahaya dari Bumi.

Walaupun memiliki ukuran yang terbilang besar, cara kerja FAST masih sama seperti teleskop radio pada umumnya. Yaitu dengan cara memaparkan dan melacak emisi dari gelombang elektromagnetik di luar angkasa dan membentuknya menjadi sebuah gambar.

Saat Saat Pembangunan Teleskop FAST

Tentunya FAST akan membantu para astronom & ilmuwan untuk mengungkap teka teki keberadaan alien dan mencari kehidupan di sebuah planet yang jaraknya bisa mencapai ribuan tahun cahaya dari Bumi.

Dikatakan canggih karena teleskop yang di bangun di lembah pegunungan Guizho ini mempunyai informasi 5 sampai 10 kali lebih akurat  jika dibandingkan dengan teleskop radio pada umumnya. Kalau aja alien menggunakan telepon genggam di Pluto, pastinya sinyal telepon akan langsung terlacak dengan menggunakan teleskop FAST.

Terlepas dari itu semua, kehidupan selain di Bumi merupakan teka teki yang sulit di jawab. Kalau alien tidak ada mengapa Tuhan menciptakan triliunan galaksi dan ratusan miliyar planet di setiap galaksinya jika hanya Bumi yang memiliki kehidupan? Tapi kalian percaya tidak kalau alien benar benar ada? Itu sih tergantung kepercayaan kalian masing masing ya.



Artikel terkait:

1 Tanggapan untuk "China Ciptakan Teleskop Canggih Untuk Berburu Alien"

  1. Alien gak semudah itu bisa dihubungi karena mereka hanya percaya sama manusia tertentu. Eksistensi mereka sengaja disembunyikan. Tp entahlah kalau mereka mau bisa2 aja membuka shieldnya agar sinyalnya terbaca sama manusia di bumi

    ReplyDelete

close
loading...