Mengapa Planet Berbentuk Bulat?

Planet Bumi

Planet merupakan suatu benda langit yang mengelilingi atau disebut mengorbit bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu.

Planet Bumi bisa terbentuk bulat dikarenakan oleh sifat dari gaya gravitasi. Bahkan foto foto yang dikirim oleh NASA dan satelit sudah cukup membuktikan bahwa Bumi itu bulat.

Sama seperti planet planet lainnya yang mempunyai bentuk bulat, contohnya adalah Mars. Namun yang berbeda hanyalah ukurannya. Tetapi apa alasan ilmiah dan penyebab planet berbentuk bulat?

Jawaban mengapa planet dan banyaknya benda antariksa berbentuk bulat mampu disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama yaitu gravitasi dan yang kedua adalah divasi dari sistem tata surya.

Planet di tata surya

Tata surya terbentuk dari nebula atau yang disebut sebuah area yang berisikan gas dan debu kosmik atau disebut juga dengan Instellar Medium. Gas ataupun debu kosmik ini akan memyebar lalu kemudian berkumpul menjadi satu pada sebuah gravitasi.

Nah medan gravitasi tersebut akan terus menarik debu debu kosmik lapisan gravitasi lainnya akan menutupi bagian luar dan kecepatan putarnya akan membentuk seperti bola.

Seorang profesor yang bernama Derek Sears dari University of Arkansas mengatakan bahwa ketika suatu planet atau bintang sedang dalam proses pembentukan, maka pusat gravitasi akan terus menarik debu kosmik, gas, dan apapun benda disekitarnya lalu berputar dengan kencang.

Ukuran besar atau kecilnya suatu planet pastinya bergantung pada medan gravitasi menarik banyaknya debu kosmik dan gas disekitarnya. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui, semua planet di tata surya ini tidak benar benar berbentuk bulat. Melainkan hanya menyerupai bola jika di lihat dari Bumi.

0 Response to "Mengapa Planet Berbentuk Bulat?"

Posting Komentar